Pengurus LSP Poltek NSC

Lembaga Sertifikasi Profesi Poltek NSC Surabaya didirikan pada tanggal 27 November 2015, dengan tujuan untuk memenuhi tersedianya pengakuan tenaga yang kompeten untuk lulusan Politeknik NSC Surabaya.

LSP Poltek NSC merupakan lembaga telah memperoleh lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), untuk melakukan proses pembuktian bahwa lulusan Politeknik NSC Surabaya yang profesional benar-benar telah kompeten pada bidangnya.

Sehingga lulusan Politeknik NSC  tersebut mendapatkan pengakuan atas kompetensi profesi yang dimilikinya baik secara Nasional maupun Internasional.

Pembuktian kompetensi yang dilakukan oleh LSP Poltek NSC berdasarkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) yang merupakan rumusan kemampuan kerja yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan dan/atau keahlian serta sikap kerja yang relevan dengan pelaksanaan tugas dan syarat jabatan yang ditetapkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

LSP Poltek NSC sebagai sebuah lembaga sertifikasi akan terus menjaga kepercayaan industri, pemerintah, dan masyarakat seiring dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya sertifikasi profesi bagi tenaga kerja, industri, maupun pemerintah. 

LSP Poltek NSC diharapkan menjadi kunci bagi kemajuan bangsa dengan mendukung Politeknik NSC menghasilkan lulusan yang berkarakter, cerdas, dan terampil; memajukan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni baik melalui adaptasi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kemakmuran bangsa, maupun melalui penciptaan inovasi yang relevan bagi pembangunan.

Pada saat yang sama Politeknik NSC juga diharapkan menjadi suluh bagi demokratisasi dan perkembangan sosial masyarakat serta pemersatu bangsa. LSP Poltek NSC bisa menjalankan perannya secara optimal merespons perubahan dengan cepat dan menggunakan sumberdayanya secara efisien dan efektif, yang sehat harus disertai dengan akuntabilitas yang baik.

Selain mensertifikasi mahasiswa Politeknik NSC, LSP Poltek NSC juga dapat mensertifikasi peserta didik yang telah mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) ENESCE Surabaya yang masih berada di bawah naungan yayasan yang sama dengan Politeknik NSC yaitu Yayasan Pendidikan Fajar Enesce Surabaya.

Visi

Menjadi Lembaga Sertifikasi Profesi yang berdaya saing global yang diakui di indonesia dan internasional

Misi

  1. Menyelenggarakan sertifikasi profesi  yang berkualitas, untuk menjawab tantangan serta perkembangan lokal dan global.
  2. Menghasilkan SDM yang kompeten, yang diakui di Indonesia maupun internasional

Dalam kaitannya dengan sistem sertifikasi, LSP Poltek NSC mempunyai fungsi dan peran sebagai berikut:


Fungsi

  • Sebagai certificator: melaksanakan sertifikasi kompetensi untuk calon lulusan Politeknik NSC dan LKP Enesce
  • Sebagai developer: melakukan pemeliharaan dan pengembangan skema standar kompetensi


Peran

  • Membuat materi uji kompetensi
  • Menyediakan tenaga penguji/asesor
  • Melakukan asesmen
  • Menyusun skema kompetensi berdasarkan SKKNI
  • Memelihara kinerja asesor dan Tempat Uji Kompetensi (TUK)
  • Mengidentifikasi kebutuhan kompetensi mahasiswa Politeknik NSC dan peserta didik LKP Enesce
  • Mengembangkan standar kompetensi
  • Mengkaji ulang standar kompetensi

Please follow and like us:
1

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.